Video Conference Telah Mengubah Tampilan Bisnis

Dulu, pertemuan bisnis dilakukan secara tatap muka. Kelas pelatihan diajarkan dan dihadiri secara langsung, dan percakapan telepon terjadi antara hanya dua orang. Sekarang, semuanya telah berubah! Selama beberapa dekade terakhir, teknologi telah secara dramatis mengubah bagaimanan bisnis dijalankan. Saat ini, seminar telah menjadi Webinar, dan pertemuan tatap muka semakin digantikan dengan fenomena yang dikenal sebagai video conference. Semua orang dari perusahaan besar hingga bisnis kecil dapat menggunakan teknologi ini untuk mencapai prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rapat-rapat dari ruang dewan di seluruh dunia kini dapat dengan mulus berbaur menjadi satu ruangan, tanpa perlu melakukan sebuah kunjungan.

video conference

Dari segi bisnis, menggunakan video conference memiliki keuntungan tersendiri. Perangkat ini tidak hanya bisa digunakan untuk pertemuan internasional saja, tetapi umumnya juga digunakan untuk pertemuan regional dan sesi pelatihan. Dengan hanya menggunakan kamera (yang mungkin sesederhana dan semurah webcam), mikrofon, komputer, perangkat lunak yang tepat, dan koneksi internet berkecepatan tinggi, konferensi dapat dilakukan. Karyawan yang seharusnya menghabiskan satu atau dua jam di dalam mobil (setiap perjalanan), sekarang dapat bekerja penuh di pagi hari sebelum siangnya meeting. Perjalanan yang seharusnya memerlukan waktu menginap semalam dapat sepenuhnya ditiadakan, dan ini bakal menghemat dana yang tidak sedikit jika diakumulatifkan. Penggunaan video conference lainnya yang tak kalah populer adalah dalam telecommuting, atau ketika karyawan bekerja dari rumah. Obrolan video yang simpel memungkinkan komunikasi tatap muka dengan bos, dan mereka yang di rumah dapat bergabung dengan rapat yang terjadi di kantor.

Perusahaan-perusahaan besar bukan satu-satunya yang mengambil keuntungan dari penggunaan video conference. Usaha kecil dan bahkan anggota keluarga juga dapat menggunakan aplikasi yang lebih sederhana. Dengan menambahkan video dan audio feed ke obrolan yang terjadi menggunakan layanan olahpesan seperti Yahoo Messenger atau Windows Live Messenger, yang dulunya hanyalah percakapan pesan instan kini bisa menjadi obrolan video. Lalu ada layanan Skype yang populer dan mudah digunakan, yang sepenuhnya gratis dan memungkinkan percakapan dengan orang di seluruh dunia. Keluarga militer, serta orang tua dengan anak-anak yang tinggal jauh, banyak yang menjadi pengguna layanan ini. Layanan ini lebih murah daripada panggilan telepon (gratis, sebenarnya) dan juga memiliki lebih banyak sentuhan pribadi. Melotronic.com