Alpha 7S II Kualitas Gambar di Lab dan Praktik

Alpha 7S II Kualitas Gambar di Lab dan Praktik

Mampu mencapai ISO 102.400 dengan ISO maksimum 409.600.

Akusaraprolight – Noise Luar Biasa Ternyata, di balik resolusi yang hanya 12 Megapixel, Sony Alpha 7S II memberikan performa noise yang luar biasa. Kemampuan ISO yang sangat tinggi, mampu menghadirkan noise yang sangat rendah, sehingga mampu menjaga detail gambar dengan baik. Ketika CHIP Foto Video melakukan pengujian di lab, Alpha 7S II dapat menjawab tantangan yang kami berikan menggunakan ISO 12.800, dengan hasil gambar masih terlihat jelas dan mempunyai detail tinggi. Resolusi yang dihasilkan pada ISO 12.800 mencapai 900 pasang garis per tinggi gambar. Angka tersebut cukup kecil, karena menggunakan 12 Megapixel.

Penggunaan ISO yang Tepat

Hal yang paling mengesankan dari kamera ini adalah kemampuan ISO-nya yang menakjubkan, hingga mencapai 409.600. Dengan kemampuan ISO yang sangat tinggi, Anda sebaiknya mempergunakannya secara bijak dan tepat. Hasil yang maksimal mampu diberikan hanya sampai pada ISO 102.800 saja, jika lebih dari itu penurunan detail gambar akan sangat terasa. Penggunaan ISO 6.400 masih sangat aman dengan kualitas gambar yang masih tetap terjaga baik. Jika Anda terpaksa menaikkan ISO, namun ingin menjaga hasil tetap halus, maka maksimal ISO yang digunakan adalah 12.800.

Jika Anda menggunakan mode RAW, menaikkan ISO hingga 51.200 masih terbilang cukup aman, karena dapat diatasi dengan baik. Noise performance yang ada pada Sony Alpha 7S II ini, hampir sama dengan kinerja yang mampu dihasilkan oleh flagship Sony, yakni Alpha 7R II. Selain itu, penggunaan image stabilizer dapat membantu Anda ketika dihadapkan dengan keadaan minim cahaya, khususnya saat memotret tanpa tripod dan monopod. Sony Alpha 7S II memberikan kualitas gambar yang tetap baik pada ISO tinggi. Namun, hal ini dapat Anda dapatkan jika menggunakan format gambar RAW Compressed.

Detail Keunggulan yang Diberikan oleh Uncompressed RAW

Sony Alpha 7S II merupakan kamera mirrorless pertama yang menggunakan RAW Uncompressed, jika Anda inginkan. Tetapi apakah ini berpengaruh pada hasil gambar

Compressed

Secara default, Sony Alpha 7S II menggunakan RAW yang sudah terkompresi, dengan ukuran file RAW sebesar 12 Mb. Artefak tidak dapat terlihat dengan begitu jelas, namun kontras yang lebih kuat dapat dilihat dengan mudah.

Uncompressed

Perbedaan RAW yang terkompresi dan tidak, terletak pada ukuran file yang dimiliki jauh lebih besar, yakni 24 Mb. Mengapa ini bisa terjadi Uncompressed RAW lebih memiliki banyak data dan variasi. Hal Ini terlihat ketika menggunakan ISO 3.200 pada kondisi minim cahaya dapat diatasi dengan baik. Namun, ketika siang hari hampir tidak ada perbedaan antara compressed dan juga uncompressed.