Sukses Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Ikan gabus adalah jenis ikan yang berasal dari Indonesia yang habitatnya di sungai dan rawa. Ikan yang memiliki nama latin Channa ini memiliki rasa enak dan memiliki harga cukup tinggi di pasaran. Sayangnya jumlah produksinya rendah.

Tips Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Meskipun hidup di sungai atau rawa ikan gabus juga bisa di kembangkan di kolam terpal. Tak heran ini menjadikan peluang bisnis budidaya ikan gabus di kolam terpal cukup tinggi. Dan bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini tak usah ikan gabus, berikut ini cara budidaya ikan gabus di kolam terpal.

Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal di sini adalah cara mengembangbiakan ikan gabus di luar habitat aslinya yaitu di kolam terpal. Untuk menciptakan tempat budidaya ikan gabus, Anda membutuhkan kolam terpal.

  1. Anda bisa mengali tanah lalu di tutup dengan terpal atau menggunakan kerangka bambu untuk di jadikan kolamnya.
  2. Untuk menggunakan terpal, sebaiknya rendam terpal terlebih dahulu selama 3 hari untuk mengurangi bahan kimia yang ada di dalamnya.
  3. Setelah selesai, posisikan terpal dengan hati-hati di atas kerangka bambu atau galian tanah. Posisikan dengan rata dan pada tepi terpal pakulah.
  4. Untuk penyebaran bibit ikan yang pertama-tama tanah yang berasal dari kotoran hewan dimasukkan ke dalam kolam dengan ketinggian sekitar 30 cm.
  5. Setelah itu, siapkan air yang telah di beri biodicon DF masukan hingga setingi 50-100 cm.
  6. Biarkan air selama 1 minggu
  7. Jangan aliri lagi kolam tersebut agar plankton bisa tumbuh sebagai pakan ikan gabus alami.
  8. Masukan benih ikan gabus ke kolam dan selama dua hari tidak usah memberi pakan terlebih dahulu.

Untuk makanan ikan gabus, berikan pelet ikan gabus dengan komposisi protein 15%, karbohidrat 10%, lemak 15%. Anda juga bisa memberi pakan dengan campuran 20% ampas tahu, 10% jagung, 20%, ikan teri dan dedak 50%. Bahan-bahan tersebut digiling menjadi satu setelah itu dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering.

Memelihara ikan gabus tidaklah sulit, di atas adalah cara budidaya ikan gabus dan ingatlah agar jangan sampai telat memberi makan karena mereka bisa saja makan temannya sendiri.