Faktor Penyebab Gejala Kehamilan Tak Muncul Saat Hamil

Anda mungkin merasa panik jika tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil. Apalagi melihat banyak ibu-ibu hamil lainnya yang memperlihatkan tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah dan kelelahan. Perlu Anda ketahui, beberapa wanita terkadang memang tak menyadari tanda kehamilan. Kondisi seperti ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

  • Kehamilan Anda yang Masih Sangat Muda

Dilansir dari momjunction.com, merupakan hal normal jika Anda tidak bisa merasakan tanda-tanda kehamilan, pada usia kehamilan yang masih sangat muda. Pada kehamilan Anda yang baru memasuki usia empat hingga enam minggu, terlalu awal untuk Anda bisa merasakan gejala kehamilan. Tanda-tanda kehamilan biasanya mulai terlihat saat kehamilan berusia enam minggu.

  • Tubuh Anda Sudah Beradaptasi Dengan Kehamilan

Tidak semua wanita merasakan gejala kehamilan yang sama. Anda harus tahu bahwa terdapat beberapa ibu hamil yang merasakan gejala kehamilan hanya pada trimester pertama. Memasuki trimester kedua, semua gejala yang ia rasakan akan hilang begitu saja. Kondisi ini disebabkan karena tubuh Anda sudah beradaptasi dengan kehamilan dan hormon pun sudah beranjak stabil.

Anda Masih Awam Dengan Beberapa Gejala Kehamilan

Saat tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil, Anda mungkin akan langsung merasa ada yang salah dengan kehamilan Anda. Padahal sebenarnya, mungkin saja Anda hanya mengetahui gejala umum kehamilan saja dan lupa bahwa ada gejala lain tak Anda tahu. Alhasil, Anda menjadi tidak menyadari kalau tanda kehamilan sudah singgah di tubuh Anda.

  • Tak Semua Ibu Hamil Memiliki Gejala yang Sama

Beda tubuh maka berbeda pula hormon serta efek yang terjadi saat kehamilan. Jadi, Anda jangan langsung membandingkan kondisi kehamilan Anda dengan kehamilan orang lain. Anda mungkin mengalami morning sickness, namun ibu hamil lain bahkan tak merasakan mual dan

muntah sama sekali. Hal yang paling penting, Anda dan janin dalam keadaan sehat selama kehamilan.

  • Gejala Kehamilan yang Tak Sekaligus Datang

Ketakutan akan adanya sesuatu yang salah karena gejala kehamilan tak terasa, biasanya banyak dialami pada kehamilan pertama. Jika kehamilan ini merupakan yang pertama bagi Anda, Anda harus tahu bahwa gejala kehamilan tak selalu muncul bersamaan. Hari ini mungkin Anda merasa sakit pada payudara, hari lainnya mungkin rasa sakit tersebut akan digantikan dengan rasa mual.

  • Anda Termasuk Ibu Hamil yang Beruntung

Mengapa Anda tidak menikmati saja kehamilan Anda, walau tak ada tanda-tanda kehamilan yang terasa? Anda seharusnya merasa beruntung karena tidak harus setiap saat merasa mual, muntah, keram, pusing, dan kelelahan. Selama Anda rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan dan memastikan janin Anda sehat, jalani saja masa kehamilan Anda yang terasa sangat nyaman.

Jika Anda tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil, bukan berarti ada yang salah dengan kandungan Anda. Bagi sebagian ibu hamil, kondisi ini normal terjadi dan sama sekali tak berkaitan dengan kesehatan janin yang buruk. Sering-sering berbagi informasi dengan ibu hamil lain yang telah berpengalaman di forum orami.co.id, agar Anda tak selalu menduga-duga di masa kehamilan.