Review Teknologi Terbaru Hardisk – Seagate 4000 GB

Review Teknologi Terbaru Hardisk – Seagate 4000 GB

Status Wa – Produk Seagate yang CHIP sertakan dalam rubrik tes perbandingan kali ini adalah seri yang siap beralih fungsi menjadi NAS. Sekadar informasi, sementara produk sejenis lainnya menggunakan istilah 4 TB untuk memudahkan orang dalam membaca kapasitasnya, Seagate tetap menggunakan angka 4000 GB demi memberikan kesan lebih banyak dalam jumlah kapasitas yang ditawarkan. Hard disk berkapasitas besar ini menjadi ujung tombak ketika sebagian orang mempercayakan data mereka kepadanya. Pada saat yang sama, tingkat ketahanan saat terkena benturan menjadi faktor penentu dalam memilih hard disk.

Teknorus – Tenang saja, Seagate selalu menawarkan jajaran produk yang dijamin tahan banting. Ketika beroperasi, Seagate NAS 4000 GB dapat menghasilkan getaran yang cukup kencang, yaitu sekitar 80 G. Saat membicarakan segi performa, Seagate NAS 4000 GB unggul dalam catatan waktu ketika membaca data, namun membutuhkan waktu yang lebih banyak saat menuliskannya kembali. Namun, performa keseluruhannya ketika diuji dengan aplikasi PCMark justru kalah dari Western Digital Red. Harus diakui, kekurangan ini tetap idak bisa ditutupi dengan harga yang ditawarkan.

Western Digital Black 4 TB

Varian Black adalah varian tertinggi yang ada pada hard disk Western Digital. Varian ini memiliki keunggulan dari sisi performa dibanding varian lainnya. Tidak mengherankan jika pada tes perbandingan kali ini, Western Digital Black 4 TB unggul hampir di semua pengujian, kecuali PCMark 7 yang tertinggal 40 poin dari HGST Deskstar 4 TB.

Karena memiliki performa terbaik, Western Digital Black cocok untuk digunakan pada PC biasa, PC gaming, hingga Workstation yang sangat mementingkan kecepatan. Tidak perlu khawatir, meskipun memiliki performa dan kecepatan rotasi yang tinggi, Western Digital Black tidak akan rusak saat terjadi ketidakstabilan daya atau asupan listrik berkat Corruption Protection Technology (CPT) yang akan membantu menjaga dan membatasi masalah pada data yang tersimpan di dalamnya.

Secara keseluruhan, CPT akan menyelamatkan waktu dan proyek berharga yang tersimpan di dalamnya. Western Digital Black 4 TB juga dilengkapi dengan Dynamic Cache Algorithm yang mampu meningkatkan performa secara real-time dengan mengoptimalkan alokasi cache antara read dan write. Hal ini akan mengurangi data traffic dan meningkatkan performa secara signifikan.