Kreasi Bakpau Tempe yang Mengenyangkan dan Bergizi

Sudah pernah mencoba kreasi bakpau tempe? Seperti diketahui, tempe dikenal sebagai makanan asli Indonesia yang bernutrisi tinggi dan memilik banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat tempe antara lain nutrisinya yang lebih mudah dicerna oleh tubuh karena proteinnya mudah terurai menjadi asam amino. Tempe juga banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, asam pantonenat, B6, Biotin, asam folat, B12 dan vitamin A yang bermanfaat untuk tubuh.

Selama proses fermentasi tempe ternyata juga menghasilkan senyawa yang sangat berguna untuk tubuh. Diantaranya isoflavon yang berfungssi sebagai zat anti-oksidan dan anti-kanker. Juga ada asam lemak tidak jenuh dan asam folat asam linoleat yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan menurunkan kadar kolesterol.

Cara Membuat Bakpau Tempe

Yuk langsung simak cara membuat bakpau tempe sebagai resep masakan rumahan yang bergizi berikut ini.

Bahan untuk membuat adonan bakpau adalah 1/2 kg tepung terigu, 1 butir telur dikocok, 100 cc air santan, 1/2 bungkus fermipan, 100 gram gula pasir, 1 lembar daun pandan, dan 4 lembar daun jeruk.

Cara membuat bakpau adalah

  • Masukkan tepung terigu, gula pasir, telur, fernipan, air santan yang sudah di rebus dengan daun jeruk dan pandan campurkan semua bahan hingga menjadi satu dan kalis.
  • Kemudian diamkan adonan selama 30 menit sampai adonan benar-benar mengembang, dan ditutup agar kedap udara.
  • Setelah adonan bakpau mengembang bagi-bagi adonan bakpau masing-masing 20 gr lalu r unding, mas kkan isi bakpau 1 sdm, lalu bentuk bulat kembali.
  • Setelah itu lalu kukus selama 40 menit.
  • Setelah adonan mengembang angkat dan sajikan selagi hangat.

Bahan Isi Bakpau meliputi 250 gram tempe, 2 sdm oyster sauce, 1 sdt merica, 1 sdm garam, 2 sdm gula, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 sdm kecap manis, 100 cc kaldu ayam cair.

Cara membuat isian bakpau adalah

  • Panaskan panci beri sedikit minyak lalu tumis bawang putih sampai tercium aromanya, lalu masukkan tempe lebih kecil
  • Beri sedikit merica, garam, gula pasir lalu diaduk hingga rata, lalu masukkan kaldu ayam cair, kecap manis, dan oyster sauce, masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalamnya,
  • Setelah benar-benar meresap angkat dan simpan dalam mangkuk.

Itulah kreasi bakpau tempe yang mengenyangkan dan bergizi yang dapat anda coba di rumah, semoga bermanfaat.