Saat Tepat Gunakan ANTIBIOTIK Bagian 2

Penyakit akibat infeksi bakateri seperti infeksi sebagian telinga (otitis media), radang tenggorokan akibat infeksi kuman streptokokus, infeks sinus berat, tifus, infeksi saluran kemih, TBC, diare berdarah akibat amoba hystolytica atau akibat bakteri jahat misalbta E. Coli patogen. Untuk radang tenggorokan pada bayi, penelitian membuktikan 80—90% bukan karena infeksi bakteri streptokokus, jadi tidak perlu antibiotik.

Radang karena infeksi streptokokus hampir tidak pernah terjadi pada usia di bawah dua tahun, bahkan jarang hingga di bawah empat tahun. Radang tenggorokan akibat infeksi kuman streptokokus biasanya menyerang anak yang masih berusia 7 tahun ke atas. Pada anak  yang masih berusia 4 tahun, hanya 15% yang terkena radang tenggorokan karena kuman streptokokus ini.

Pada radang tenggorokan akibat bakteri streptokokus, selain demam tinggi, anak mengalami pembesaran kelenjar getah bening di bawah rahang bawah dan anak juga TIDAK mengalami batuk, pilek. Infeksi bakteri lainnya adalah infeksi saluran kemih. Pada bayi dan anak kecil dapat diketahui dengan membiakkan sampel urine (uji kultur) melalui observasi beberapa hari.

Misal, bila dicurigai terjadi infeksi saluran kemih, sampel urine akan diambil dan dikultur selama beberapa hari hingga diketahui ada infeksi bakteri dan jenis bakterinya. Berdasarkan sifat ‑ siknya, bakteri dapat dibagi menjadi dua, yaitu Gram positif (+) dan Gram negatif (-). Infeksi pada bagian atas difragma (dada) umumnya disebabkan oleh bakteri Gram (+) sedangkan infeksi di bagian bawah difragma disebabkan oleh bakteri Gram (-).

Biasanya, infeksi yang disebabkan oleh Gram (+) lebih mudah dilawan kecuali kuman Gram (+) yang sudah resisten (kebal) terhadap berbagai antibiotik. Selanjutnya, bila memang anak membutuhkan antibiotik lantaran terkena infeksi bakteri, dokter meresepkan antibiotik yang hanya bekerja pada bakteri yang dituju, yaitu antibiotik spektrum sempit (narrow spectrum antibiotic).

Untuk infeksi bakteri yang ringan, dokter akan memilih yang bekerja terhadap bakteri Gram (+), sementara infeksi bakteri yang lebih berat (tifus, pneumonia, dan apendisitis) dipilih antibiotik yang juga membunuh bakteri Gram (-). Infeksi bakteri yang berat biasanya infeksi yang diperoleh di RS. Pendidikan juga sangat penting untuk anak, terutama bagi anak yang akan menginjak dunia perkuliahan. Berikan anak les di tempat pelatihan tes masuk perguruan tinggi luar negeri yang terbaik agar bisa masuk di universitas bergengsi.