Pengertian Bordir dan Penjelasannya

Pengertian Bordir

Bordir diambil dari arti dalam bahasa Inggris embroidery (im-broide) yang berarti sulaman (Heri Suhersono, 2004:6). Selanjutnya Heri Suhersono, 2010: 12 menerangkan bordir atau sulaman adalah satu tehnik dengan alat benang yang dijalinkan dibagian berbentuk kain atau kulit dengan memakai jarum. Maksudnya membuat satu motif untuk hias. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bordir ialah Hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain (KBBI, 2007:163). Sedang menurut Budiyono 2008:177 menerangkan jika sebetulnya arti sulam serta bordir itu sama, yakni hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Meskipun sampai sekarang ini masih beberapa orang yang lihat sulam serta bordir itu berlainan. Mereka berasumsi jika sulam ialah yang ditangani dengan tangan, sedang bordir ialah yang ditangani dengan mesin.

Membuat bordir yang bagus harus pintar – pintar pilih jasa bordir yang bagus. Salah satunya ada di Konveksi Jogja. Salah satu penyedia Jasa Konveksi Terbaik di Jogja.

Pengertian Bordir
Pengertian Bordir

Bordir pada jaman dulu memakai tangan yang disebutkan dengan sulam, tetapi dengan pergantian tehnologi serta perubahan jaman bordir sekarang ini memakai mesin bordir manual bahkan juga saat ini mesin bordir dengan memakai computer. Mesin bordir computer lebih hebat penyelesaiannya.

Gunting

Dalam membordir ada beberapa jenis gunting yang bisa menolong dalam pengerjaan bordir ialah gunting kain, gunting kertas serta gunting bordir.

Baca juga : Pengertian Bordir dan Sulaman

Bahan Bodir

Dalam membordir diperlukan bahan jadi pelengkap dalam pengerjaan bordir. Beberapa bahan yang dipakai untuk membordir diantaranya:

Kain atau bahan : Kain yang dipakai dalam membuat bordir bisa terbuat mempunyai bahan alami atau sintetik baik yang polos atau bermotif. Type kain yang dipakai salah satunya ialah: puring, mori, katun, blacu, georgate, beludru, shiffon, sutra, jeans, taffeta, tule, dan lain-lain

Benang

Benang bordir terbagi dalam beberapa jenis serta berbagai baik dari sisi warna atau bahan yang dipakai seperti katun, nilon, sutra, dan lain-lain dengan warna polos atau yang bercorak.

Kertas

Kertas dipakai untuk menggambar motif jika dipakai jadi design motif. Kertas yang dipakai ialah kertas roti sebab bukan hanya tidak gampang obek, bertahan lama.

Mesin itu proses kerjanya digerakkan oleh kaki. Mesin jahit manual bisa dipakai untuk menjahit biasa serta untuk membordir. Bila digunakan untuk membordir karena itu mesin ini harus dilepaskan sepatu serta gigi mesinnya. Ke-2, mesin bordir yakni mesin yang detil untuk bikin bordir. Mesin itu proses kerjanya digerakkan dengan motor yang biasa disebutkan mesin bordir high speed. Ke-3, ialah mesin bordir computer. Untuk memperoleh bentuk-bentuk motif yang diharapkan mesin bordir computer proses kerjanya ditata sesuai dengan program.