9 Cara Benar Merawat Bayi Baru Lahir

Bunda, menjaga bayi baru lahir sebetulnya bukan profesi gampang, namun skill itu konsisten dapat kami pelajari. Kuncinya yaitu ketenangan.

Berikut, kami sajikan metode menjaga bayi baru lahir untuk menaikkan checklist Bunda dikala menjaga si Kecil.

  • Tali sentra

Tali sentra menjadi rangkaian pertama dalam daftar metode menjaga bayi baru lahir, sebab banyak ibu baru yang kebingungan dengannya. Perawatan tali sentra mesti hati-hati, sebab gampang terkena infeksi. Bila tali sentra terkena air dikala bayi dimandikan, keringkan dengan cotton buds atau kasa steril. Jangan bubuhi ramuan apa malahan terhadap pangkal tali sentra. Umumnya, tali sentra dapat putus antara 1-2 pekan sesudah kelahiran, namun dapat termasuk lebih pesat atau lambat. Sesudah tali sentra putus, kalau kumal bersihkan dengan baby oil dengan lembut dan hati-hati.

  • Mata bayi
    Untuk bersihkan kotoran di mata, basuh dengan mengaplikasikan kapas steril yang dibasahi air matang. Senantiasa pakai satu kapas steril untuk tiap-tiap mata. Usap dengan arah dari dalam ke luar.
  • Kulit
    Bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali sebab dia belum bendung dingin. Entah dengan metode berendam di bak mandi atau dilap dengan waslap berair yang telah diberikan sabun bayi. Untuk menghambat munculnya biang peluh, atur suhu ruangan/kamar bayi senyaman mungkin. Jangan hingga bayi kepanasan. Peredaran hawa dalam kamar mesti bagus.
  • Kulit kepala
    Kerak kulit atau cradle crap kerap kali timbul di kulit kepala bayi. Hal ini disebabkan kulit kepala terkena debu, peluh dan polusi udara. Kerak kulit bisa dibersihkan mengaplikasikan baby oil. Caranya, diamkan baby oil di atas kerak kulit kaprah-kaprah sekitar 10-15 menit, selanjutnya bersihkan dengan kapas atau cotton bud secara lembut, dilanjutkan dengan pencucian. Lakukan dengan lembut, di tempat ini terkandung satu sirkulasi darah di kepala yang menyambung dengan otak. Usahakan kulit kepala konsisten teduh dan kering, sebab kerak ini dapat semakin kronis kalau kulit kepala berkeringat.
  • Rambut

Cuci rambut bayi mengaplikasikan shampo khusus bayi dua kali seminggu. Basahi rambutnya dengan semprotan halus atau basuh dengan tangan. Tambahkan satu-dua tetes sampo dan gosok lembut hingga berbusa. Jangan hingga shampo berkenaan mata. Basuh hingga bersih dengan tangan.

  • Hidung
    Komponen dalam hidung punyai kekuatan pembersih sendiri dan tidak kudu perawatan khusus. Bila ada cairan atau kotoran yang terlihat keluar, bersihkan komponen luar hidung saja. Bila bayi punyai banyak lendir sebab pilek dan mengganggu pernafasan, sedot nampak dengan metode dengan aspirator hidung bayi yang bersih. Tutup sebelah lubang hidung dengan jari, selanjutnya isap sebelahnya. Lakukan secara bergantian.
  • Pendengar
    Banyak ibu baru kebingungan dengan metode menjaga bayi baru lahir yang satu ini. Seperti hidung, komponen dalam kuping termasuk tidak boleh dibersihkan. Bunda boleh bersihkan kalau kotoran itu telah menempuh “pintu” nampak atau sesudah via “tikungan” di dalam liang kuping luar. Ada anggapan bahwa cotton buds justru membikin kotoran masuk ke dalam liang kuping. Metode yang dianjurkan yaitu meneteskan 1 tetes baby oil ke liang kuping, dan kotoran dapat nampak dengan sendirinya sebagian hari kemudian. Tidak yakin bukan? Yuk kami coba. Sementara daun kuping bisa dibersihkan tiap-tiap kali memandikan bayi. Pakai cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan secara lembut.
  • Mulut
    Mulut bayi tidak kudu perawatan khusus. Bila lidah putih sebab endapan susu formula, dapat dibersihkan dengan kasa steril yang dibahasi dengan air matang. Jaga kebersihan tangan Bunda, sebab terhadap sebagian kasus dijumpai jamur candida timbul di mulut bayi. Bila hal ini terjadi langsung berobatlah ke dokter.
  • Kuku
    Kuku sebaiknya dijaga kebersihannya dengan memotongnyanya secara terjadwal . Lakukan secara hati-hati, jangan hingga kulitnya turut tergunting. Pakai gunting kuku khusus bayi. Untuk menghambat kuku-kuku bayi menggores komponen-komponen yang berbahaya, tutuplah dengan sarung tangan dikala bayi tengah tidak diawasi. Selama dia dalam pengawasan, tangannya tidak usah diberikan sarung. Karena, tangan yakni komponen dari pancaindera yang mesti dioptimalkan.

Jika kamu terasa berat maka kamu bisa panggil perawat bayi ke rumah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berbagai layanan perawatan bayi yang bisa kamu nikmati dan rasakan jika kamu menggunakan berbagai layanan lainnya. Perawatan bayi sendiri akan ditangani oleh tim yang berpengalaman dan profesional dalam bidang tersebut, Untuk tahap lanjut, juga pastikan imunisasi anak kamu lengkap dan sesuai dengan anjuran pemerintah yang ada.