Profil Irene, Sang Leader Red Velvet

Profil Irene, Sang Leader Red Velvet

“Fokus pada hal-hal yang dapat meningkatkan suasana hatimu” ucap Bae Joohyun atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya ‘Irene’ lahir di Daegu pada 29 Maret 1991. Irene lahir dan besar di Daegu, Korea Selatan, ia tinggal bersama kedua orang tua dan adik perempuannya.

Pada tahun 2009, Irene berhasil lolos pada audisi SM Entertainment dan dilatih selama lima tahun, di perusahaan entertainment terbesar di Korea Selatan tersebut. Ia pernah menjadi bagian dari anggota grup pre-debut buatan SM Entertainment, yang bernama ‘SM Rookies’, bersamaan dengan Seulgi, Wendy, dan Yeri.

Sebelum debut, perempuan yang memiliki nickname ‘Baechu’ ini pernah muncul sebagai model di Music Video (MV) rekan satu agensinya, Henry, yang berjudul “1-4-3”.

SM Entertainment telah mengunggah beberapa cuplikan video pada kanal resmi milik SM di YouTube, salah satunya cuplikan video yang menampilkan Irene bersama Seulgi menarikan lagu Be Natural (lagu yang semula ditampilkan oleh S.E.S).

Irene debut pada 1 Agustus 2014 dalam sebuah grup yang beranggotakan lima orang, grup tersebut bernama ‘Red Velvet’. Irene debut sebagai leader, sub-vocal, lead dancer, main rapper, face, visual, dan center di Red Velvet. Saat debut, seluruh anggota Red Velvet merepresentasikan 5 warna, Irene (merah muda), Wendy (biru), Seulgi (kuning), Joy (hijau) and Yeri (ungu).

Pada November 2014, Irene muncul sebagai model dalam Music Video seniornya, Cho Kyuhyun, yang berjudul “At Gwanghwamun”. Kemudian pada 1 Mei 2015 sampai Juni 2016, Irene menjadi MC di Music Bank bersama model sekaligus aktor, Park Bogum.

Di 2016, Irene menjajal dunia akting dan debut sebagai aktris dalam sebuah webdrama yang berjudul “The Female Employees of a Game Company” sebagai pemeran utama bernama Ah-Reum. Webdrama ini ditayangkan mulai 25 Juli sampai 1 Agustus 2016.

Kemudian Irene ditunjuk sebagai host pada sebuah program OnStyle fashion show ‘Laundry Day’. Acara ini tayang perdana pada 22 Oktober 2016. Pada bulan yang sama, ia menjadi seorang panelis dalam sebuah acara KBS “Trick and True” bersama dengan salah satu membernya, Wendy.

Pada bulan Juli 2019, para penggemar Red Velvet mendapatkan kabar yang sangat membahagiakan, pasalnya para penggemar sudah lama menantikan sang leader merilis lagu solonya. Lagu ini berjudul “The Only”

The Only dirilis pada 2 Agustus 2019 di berbagai platform seperti; iTunes, MelOn, Genie, Apple Music, Spotify, dan lain-lain. Selain itu, Music Video “The Only” diunggah di kanal resmi milik SM Entertainment. Lagu ini bergenre romantic, electro-pop yang dimulai dengan melodi piano yang mendayu-dayu disertai suara lembut khas Irene.

Para penggemar pun sangat antusias pada saat “The Only” dirilis. Terbukti hingga saat ini Music Video “The Only” sudah ditonton lebih dari satu juta kali dan disukai oleh lebih dari seratus ribu penonton.

The Only merupakan lagu pertama yang dirilis oleh Raiden, sang DJ dan Produser, setelah bergabung bersama SM Entertainment. (SN)