Aneka Permainan yang Mendukung Kemampuannya

ausbildungaupair.com – • USIA 2—3 TAHUN Anak sudah bisa melempar, menangkap, atau menendang bola; meniru gerakan tangan; bertepuk tangan, melambai, dan mengetuk; meniru gerakan kaki, menjejakkan, berbaris, dan melompat; mengejar kupu-kupu, bergerak meninggi dan merendah, berputar; membuat urutan atau menyusun puzzle, menyuap makanan sendiri, ke toilet sendiri, menaruh mainan.

Berikut beberapa permainan yang dapat dilakukan:

1. Tur keliling rumah. Manfaat: * Menstimulasi motorik kasar dan halus. * Menstimulasi keterampilan kognitif. * Menstimulasi keterampilan berbahasa. * Mengembangkan rasa percaya diri. * Meningkatkan nilai karakter keberanian. * Mengembangkan kemampuan berimajinasi. Cara Bermain: Ajak anak berkeliling sekitar rumah, dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Berikan kesempatan kepada batita menggunakan barangbarang yang ada di ruangan tersebut. Misal, ketika memasuki ruang tidur dan tersedia kaca untuk bercermin, ajak batita untuk bercermin dan sampaikan fungsi dari cermin tersebut. Tempat yang paling mengasyikkan adalah halaman atau ruang bermain. Berikan kesempatan kepada batita untuk mencoba semua mainan yang ada. Bila ada ayunan, jelaskan nama mainan tersebut dan cara menggunakannya. Dampingi dan berikan kebebasan kepada batita untuk mencoba semua mainan yang ada.

2. Mencocokkan bentuk. Manfaat: * Menstimulasi koordinasi tangan dan mata. * Menstimulasi motorik kasar dan halus. * Menstimulasi perkembangan kognitif. * Mengembangkan nilai karakter tertib dan disiplin. Cara Bermain: Untuk mainan mencocokkan bentuk ini, umumnya banyak tersedia di toko mainan. Pilih yang sederhana dengan bentuk besar, cukup 4—5 bentuk. Berikan contoh dan penjelasan. Misalnya, bentuk lingkaran dimasukkan ke dalam lubang berbentuk lingkaran, bentuk bintang dimasukkan ke dalam bentuk bintang, demikian seterusnya.

3. Sembunyikan benda. Manfaat: * Menstimulasi motorik kasar dan halus. * Menstimulasi perkembangan kognitif. * Mengembangkan nilai karakter pengendalian diri. Cara Bermain: Permainan ini dapat dilakukan di banyak ruangan. Misal, di kamar mandi. Pilihlah benda menarik yang ada di kamar mandi, seperti: tutup botol sampo. Ada beberapa botol sampo berukuran besar dengan bentuk menarik. Lepaskan tutup botol sampo, kemudian jatuhkan dan biarkan tutup botol tersebut mendarat di lantai. Kemudian, pungut tutup itu dan sembunyikan di balik tangan Mama sehingga si batita tidak bisa melihatnya.