Berprestasi Lewat Olahraga Bagian 2

5. Ikut Klub Olahraga Cermati bakat anak dalam bidang olahraga. Mungkin sepak bola, beladiri, menari, berenang, senam, atau lainnya. Sangat baik jika bakatnya tersebut disalurkan lebih serius dengan memasukkannya ke klub olahraga. Klub sepak bola, misal, di sini anak tak sekadar bermain, bersenang-senang, dan meningkatkan kebugaran ­fisiknya, tetapi juga diajak meningkatkan kemampuannya untuk mencapai prestasi lebih baik. Pilih klub olahraga yang tepat, dalam arti memiliki tenaga pelatih yang memahami pertumbuhan ­fisik dan psikis anak, memiliki program yang jelas untuk mencapai target-target tertentu, memiliki fasilitas yang menunjang, dan lainnya.

Testimoni Mama

ASYIK MAIN DI SAWAH Umi Futikhah, mama dari Fawwaz Fathin Firdaus (3) “Fawwaz kalau sudah main game di laptop susah berhenti. Saya berusaha membatasi. Setelah main laptop 1 jam, saya ajak dia main di luar, ketemu anak tetangga seusianya. Yang paling seru dan membuatnya senang adalah bermain di persawahan. Rumah kami di kampung, dekat sawah. Fawwaz bisa bermain di sawah, mengejar capung dan kupu-kupu, mengusir burung dari tanaman padi, atau memetik tanaman cabai kami. Selain itu, mengajak anak berenang, bermain di taman, jalan sore sambil bersepeda, bermain bola. Kami usahakan untuk permainan yang outdoor, karena kegiatan nonton teve atau bermain gagdet cenderung membuat anak untuk malas bergerak.”

CEGAH EFEK NEGATIF Septin Helis S, mama dari Kabhinawa Luh Cintamani Adyutakara (5) “Kami melihat kecenderungan nawa suka nonton fi lm, misalnya melalui gadget hasil dari men-download. Tentunya sudah kami sortir. Nawa akan betah berlama-lama dengan hobi menontonnya itu. Akibatnya, dia malas beranjak ke mana-mana bahkan untuk sekadar menyahut ‘dalem’ ketika dipanggil bunda atau abinya. Setelah melihat efek seperti ini, kami bertiga duduk bersama dan membahasnya hingga muncul ‘pasal-pasal baru di keluarga kami, yaitu:

Perkembangan yang baik akan membuat anak semakin sehat dan cerdas di usianya. Hal itu bisa sangat bermanfaat sekali untuk masa depannya. Untuk anak yang akan mengikuti tes IELTS bisa mengikuti program pelatihan kursus persiapan tes IELTS Jakarta terbaik. Sehingga anak bisa mendapatkan nilai yang baik dan lulus tes dengan sempurna.