Coba Terapkan Hal Ini Sebelum Buang Sampah, Agar Lingkungan Lebih Terjaga

Menjaga lingkungan adalah kewajiban bagi setiap orang. Cara untuk menjaga lingkungan pun tentunya ada banyak. Salah satu yang paling mudah tapi sering dilupakan oleh banyak orang adalah soal buang sampah pada tempatnya seperti tong sampah organik dan non organik.

Hal ini memang terlihat sepele namun untuk mengerjakannya memang membutuhkan niat yang tinggi apalagi buat masyarakat kita yang notabene masih banyak yang belum sadar akan bahaya sampah apabila dibuang sembarangan.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus selalu kita terapkan sebelum membuang sampah , yaitu seperti di bawah ini :

  1. Ketahui jenis – jenis sampah

Jangan beranggapan bahwa semua sampah itu sama. Karena ada 3 jenis sampah yang perlu kamu ketahui yaitu sampah organik, non organik, dan B3. Sampah organik contohnya dedaunan gugur, bekas sayuran dan buah. Sampah nonorganik contohnya botol bekas, karet bekas, kelang bekas, dll

Sementara B3 contohnya adalah oli bekas, bekas cairan pembersih, racun tikus bekas, dll.

  • Pisahkan sampah sesuai dengan jenisnya

Usakan kamu memiliki penampungan sampah yang berbeda sesuai dengan jenis nya yang tadi. Dengan begitu nantinya petugas kebersihan lebih mudah menentukan apakah sampah ini bisa didaur ulang , atau dibuang ke tempat pembuangan akhir.

  • Salurkan sampah dengan tempat yang sesuai

Sampah – sampah yang sudah terpisah tadi , sekarang bisa anda putuskan, mana saja sampah yang harus kamu buang, dan mana saja sampah yang harus bisa kamu daur ulang.

Misalnya, sampah kaca yang hancur dibuang ke tempat pembuangan akhir karena tidak bisa didaur ulang lagi. Lalu sampah organik seperti bekas dedaunan dan sayuran, bisa diolah kembali menjadi kompos atau untuk makanan hewan.

Cara diatas ini tentu sangat efektif jika dilakukan oleh setiap orang. Jika perkepala di Indonesia melakukan hal yang sama seperti ini, maka dijamin keberadaan sampah pun tidak akan menjadi masalah yang besar.

Hal ini bukanlah hal yang mustahil, karena negara Jepang pun sudah menerapkannya dan hampir semua masyarakatnya sudah tertib untuk urusan sampah.