5 Masalah Makan Pada Batita Bagian 2

Untuk itulah orangtua dituntut untuk menjadi contoh yang baik saat makan bersama anak. Jadilah penikmat segala makanan yang tersaji di meja makan. Ciptakan mindset positif tentang makanan pada anak. Dengan bercerita kalau wortel itu enak, pepaya rasanya manis, dan sebagainya. Ceritacerita itu akan membuat si kecil tergoda ingin mencoba.

Setelah mencoba, ia pun akan mempunyai memori atas rasa makanan, sehingga saat makanan itu kembali dihidangkan, tak akan sulit ia untuk menikmatinya kembali.

• Menolak makan. Konsepnya sama dengan picky eater, orangtua harus memberikan pembiasaan makan yang baik. Suasana makan pun juga menjadi faktor lainnya. Ciptakan suasana makan yang menarik agar si kecil menjadi mood untuk makan. Perhatikan pemberian susunya. Hindari susu sebelum jadwal makan utama karena si kecil akan keburu kenyang. Pastikan anak memiiki jadwal makan tetap, yakni 3 kali makan besar dan 2 kali camilan. Susu boleh diberikan sebelum tidur.

• Sembelit. Biasanya sembelit terjadi pada anak yang mengalami demam cukup lama. Saat si kecil mengalami demam, orangtua cenderung memberi makanan yang tidak berserat, sehingga menyebabkan ia mengalami sembelit. Namun, selama batita memiliki gizi seimbang, sembelit yang dialami tidak akan parah dan bisa diantisipasi.

Secara keseluruhan, saat sembelit anak perlu menambah asupan cairan di dalam tubuh dengan memperbanyak minum. Air akan berfungsi sebagai pelarut di sistem pembuangan. Si batita juga sebaiknya mengurangi makanan berlemak. Perbanyaklah makanan berserat bagi si kecil, seperti sayur dan buah-buahan.

• Alergi Makanan. Tahukah Mama salah satu pusat kekebalan tubuh terdapat pada saluran pencernaan? Karena itulah kalau lambung si kecil sedang tidak beres atau imunitasnya tengah turun, anak jadi gampang terkena alergi. Salah satu makanan yang terkenal sebagai pemicu alergi adalah seafood. Sumber protein hewani dari laut, seperti udang, kepiting dan cumi-cumi memiliki struktur protein yang mudah terurai dan mudah rusak.

Gizi yang lengkap setiap hari akan membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga ia bisa menerima semua hal baru di sekitarnya. Membuat hal ini menjadikan anak cerdas dalam menanggapi segala permasalahan yang ada. Hal itu akan menjadi bekal di masa depan nanti. Dan untuk anda yang ingin bekerja di luar negeri bisa mengikuti program FSJ Jerman terpercaya karena tidak ada penipuan sama sekali.