5 Masalah Makan Pada Batita Bagian 3

Inilah yang menyebabkan si kecil gampang alergi saat makan makanan laut. Manifestasinya bisa muncul di kulit atau langsung dimuntahkan batita. Tetapi bukan berarti saat si kecil alergi pada suatu makanan, lantas ia dilarang seterusnya menikmati makanan tersebut. Anak yang alergi memang perlu melakukan diet makanan penyebab alerginya selama 6 bulan.

Selama anak diet makanan tetap berikan bahan makanan pengganti yang memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Setelah 6 bulan, makanan itu bisa dicobakan lagi. Jika alergi makanan terjadi dan tak bisa dihindari, gunakan obat-obatan antialergi sesuai reaksinya. Tentu uji coba ini perlu dikonsultasikan pada dokter terlebih dulu.

• Kelebihan berat badan. Orangtua mana yang tidak senang kalau anaknya suka makan. Tapi hati-hati, jangan sampai si kecil overweight. Coba ukur berat badan batita, apakah sesuai dengan umur dan tinggi badannya. Jika sesuai, Mama Papa tidak perlu khawatir. Namun bila batita positif overweight, alangkah baiknya Mama Papa menjaga makanan yang dikonsumsi si kecil. Kelebihan berat badan bisa dicegah dan diatasi.

Batita boleh saja menikmati junk food selama tidak berlebihan. Harap selalu diingat, junk food hanya berisi karbohidrat dan lemak, jadi tidak baik kalau dikonsumsi terus. Lebih baik, biasakan anak makan camilan sehat seperti buahbuahan. Langkah lain, sesuaikanlah porsi batita, jangan berikan makanan dalam porsi yang besar.

Tidak perlu membuat aturan anak wajib menghabiskan makanannya. Yang satu ini menjadi catatan: bagi orangtua yang khawatir karena sewaktu lahir anaknya kecil dan kurang gizi, jangan paksakan memberi makan sehingga menyebabkan anak overweight. Karena peluang mengidap penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetesnya dua kali lipat.

Bagi para pengguna jasa Babysitter

Untuk orangtua yang menggunakan jasa babysitter, pastikan selalu berkomunikasi dengan si mbak. Utarakan apa saja yang kita harapkan, terutama dalam memberi makan pada buah hati. Dengan komunikasi yang baik, setidaknya kebutuhan gizi batita bisa terpenuhi.

Mempersiapkan anak sedini mungkin untuk masa depan yang cerah adalah kewajiban orangtua. Ketika sudah besar nantinya itu juga tergantung pada anak juga kemana mereka akan melangkah. Untuk anak yang akan menghadapi tes IELTS berikan ia bekal pelatihan di lembaga kursus persiapan IELTS di Jakarta terbaik.