Sesuaikan Mainan dengan Usia

Mama, jangan asal beli mainan buat bayi. Setiap mainan perlu disesuaikan dengan usia bayi untuk menstimulasi perkembangannya.

• 0—3 bulan: Mainan yang dapat menstimulasi pancaindra bayi, seperti: crib mobile. Mainan berwarna mencolok ini bisa berputar, mengeluarkan suara, dan biasanya diletakkan di atas boks bayi. Mainan sederhana lainnya adalah cotton ball yang dapat disentuhkan secara lembut pada tubuh bayi. Mama Papa juga dapat menjadi objek/mainan bayi dengan membuat berbagai ekspresi wajah dan suara. Di usia ini bayi dapat mengamati mulut dan gerakan pengasuhnya.

• 3—6 bulan: Mainan yang dapat mengandalkan koordinasi mata-tangan (misalnya: rattle dan crib gym) serta mainan yang dapat dimanipulasi (seperti: kotak yang akan mengeluarkan bunyi tertentu jika salah satu tombolnya ditekan).

• 6—12 bulan: Bayi mulai dapat memegang objek dengan cara yang tepat. Berikan buku cerita yang terbuat dari kain atau karton tebal.

• 12 bulan: Mainan yang dapat melatih otot-otot besarnya, seperti bola kain. Bayi juga mulai dapat bermain pura-pura yang berfokus pada diri sendiri, seperti: pura-pura minum. Berikan sendok dan cangkir yang aman untuk bayi untuk dimainkannya. Bergabunglah dalam kegiatan bermain pura-puranya. Ini akan membuat kemampuan berbahasa dan sosial bayi semakin terasah.

Berapa kali bayi perlu dibawa ke dokter?

Meski tidak sakit, si kecil tetap perlu dibawa ke dokter untuk kontrol sehat dan imunisasi. Berikut panduannya: Jumlah kunjungan ke dokter 0—1 bulan 1—6 bulan 6—12 bulan 2 kali 3 kali 2 kali Saat kontrol sehat, sekurang-kurangnya tenaga medis/dokter akan melakukan tindakan ini:

* Memeriksa fisik bayi. * Memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. * Memberikan edukasi kepada orangtua perihal pola asuh dan pemberian asupan gizi yang baik untuk bayi.

Merawat bayi bukanlah hal yang mudah karena bayi sangat rentan terhadap apapun. Oleh karena itu orangtua harus mengetahui dengan benar bagaimana merawat bayi yang baik dan benar. Agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal pada bayi. Disamping itu untuk anak yang sudah beranjak sekolah dasar tak kalah penting pendidikan bahasa agar anak memiliki keterampilan tambahan. Bimbingan belajar berbahasa Jerman di Bandung adalah tempat rekomendasi terbaik untuk anak yang ingin mahir bahasa Jerman.